Rabu, 13 Juli 2011

Awal ketertarikanku pada nulis…

Awal ketertarikanku pada nulis…
Walaupun masa kecilku aku habisin dikampung, tapi keinginan bacaku saat anak-anak lumayan besar, hampir setiap ada waktu ke perpus aku ke perpus. Yang paling aku suka adalah baca ensiklopedi dan peta. Aku ngerasa ada ditengah-tengah peradaban dunia. Sekecil itu imajiku udah tinggi aja, aku udah ngayal bakal kelilling dunia, aku ngayal bahwa india dan eropa itu dekat, sampai ngayal kalo aku dan temen-temen sepermainanku adalah power rangers. Imajiku melesat nggak terkendali.
Saat kelas 4 SD, guru kesayangan anak-anak, Bu Nunuk sedang nyari siswa yang mampu baca puisi, buat lomba. Nggak tau apa motivasinya Bu Nunuk aku ikut dalam list pilihannya. Sekedar catatan, aku bukan siswa yang menonjol dikelas, aku nggak pernah jadi siswa unggulan dikelas. Mungkin satu-satunya alasannya cuma karena ibuku kenal dengan Bu Nunuk.
Aku sama sekali nggak tau puisi macamnya kayak gimana. Alhasil aku adalah siswa pertama yang lengser dari latihan baca puisi itu. Tapi karena kalah itu aku jadi semakin tertarik dengan puisi, aku baca beberapa buku puisi sampai aku muntah karena kata-katanya berputar-putar dikepala dan sama sekali nggak bisa dicerna.
Dan sejak saat itu aku mulai nulis beberapa puisi konyol. Aku benar-benar belajar buat puisi itu saat SMP. Di perpus aku nemu buku kumpulan puisinya Dorothea yang judulnya “Daun Gugur Bunga Zaitun”. Isinya kampret banged, keren abis, puisinya sederhana, ngalir, dan nggak panjang. Otakku yang Cuma sebesar biji mentimun ini berhasil menyerap arti-arti puisinya. Karena buku itulah hampir tiap hari aku ngebuat puisi. Pucuk dicinta ulam pun tiba, teman-teman dan juga guruku mengapresiasi karyaku. Aku semakin hari semakin menggila aja buat puisi, terkadang puisi itu nggak tertulis, cuma ada dalam hati aja. Sayangnya, nggak satupun puisiku jaman smp yang sempet aku dokumentasikan. Karena menurutku dulu, nggak ada gunanya juga dikumpulin, nggak bakal jadi apa-apa, nggak mungkin juga aku bakal ngebuat buku, itu pikiranku dulu.
Jaman-jaman ini juga aku mulai pengen nulis. Faktornya adalah serial Meteor Garden. Oke, boleh ketawa kok. Tapi jujur cerita MG yang komplek itu bagikuu keren banged waktu itu. Maklum dikampung nggak ada bioskop, yang ada Cuma nungguin film-film lawas diputer dilayar kaca. Inilah jaman-jaman aku KUIN banged, kurang informasi.
Akhir SMP buat rasa terimakasihku ke temen-temen aku ngebuat cerpen, yang pasti terinfluence sama MG. Beberapa temenku yang baca, katanya sampek nangis, wow, GeeR banged dah aku waktu. Tapi sayang seribu sayang cerpen pertamaku itu dibawa temenku, lupa aku, dan nggak balik. Mulai saat itu aku males buat nulis lagi. Buatku aku nulis sama nggak itu nggak ada artinya.
SMA aku vakum dari nulis, Cuma nulis beberapa kali aja buat ngusir kesepian.
Waktu kuliah di IPB, akhirnya aku nyadar. Segala sesuatu sekecil apapun itu akan jadi hal yang bermanfaat kalo kita nglakuinnya nggak setengah-setengah. Aku mutusin buat nulis lagi, tapi Cuma puisi dan beberapa cerita sharing, dan aku kumpulin filenya dilaptop. Alhamdulillah sekarang udah nyentuh 98 halaman. Ke depannya aku pengen ngebuat buku. Kalo aku nggak bisa eksis lewat IP aku pengen eksis dengan duniaku sendiri, menulis.
Bismillah
Wismilak

0 komentar:

Posting Komentar

prev next