Senin, 09 Mei 2011

AFTER THE RAIN

AFTER THE RAIN

Bogor
20 Desember 2010
            Menunggu itu…menunggu.
            Berkali-kali lihat jam tangan, ingin tahu berapa lama waktu yang udah berlalu, baru semenit tapi serasa sejam berlalu. Jemu, kala menunggu. Semu, buat apa menunggu. Tak tentu, apa yang ditunggu tau? Apa dia tetap akan datang?
            Gua lagi nunggu. Nggak, gua nggak lagi LDR, tentunya penantian gua beda sama orang LDR. Tapi sama-sama rindu.
            Kata temen-temen, gua orang yang sabar nunggu, terlalu sabar malah. Gara-gara terlalu bodoh nunggu gua kehilangan pacar gua yang udah jalin hubungan selama lima tahun. Saat itu gua sama sekali nggak sakit hati. Bayangin aja, gimana caranya gua bisa sakit hati kalo hati gua udah bener-bener remuk, hati gua udah nggak berbentuk, udah mati rasa.
            Pacar gua kuliah di Belanda, dan gua tetep setia sama ibu pertiwi. Gua lebih milih IPB daripada tawaran bokap buat kuliah di Amrik. Dulu pas mau berangkat kita udah komitmen buat ngejalanin hubungan ini apapun yang terjadi. Gua janji, dia juga janji.
            Setahun lebih udah berhasil kita lewati tanpa masalah berarti. Jarak, beda waktu, uang, nggak bisa ngalahin hubungan gua. Tapi, ada lubang yang gede banget, gua nggak ada disana, dan dia nggak ada disini. Gua nggak bisa megang tangannya buat nenangin pas dia lagi sedih, gua cuman bisa ngelus-elus layar laptop pas dia lagi skype-an. Ribuan waktu kebuang gitu aja, tanpa ada kesempatan buat ngejalanin berdua. Gua kangen cubitannya pas gemes, dia kangen ledekan gua yang pedes, gua kangen ngapel ke rumahnya, dia kangen dibonceng matic gua, gua kangen ketawa-ketawa malem pas makan berdua, dia kangen maen hujan berdua. Gua pengen dia ada disini, dia pengen gua ada disana. Tapi nggak bisa.
            Semakin hari kita khawatir hubungan ini berakhir gitu aja. Ngejalaninnya jadi nggak seru lagi, semuanya serba dijaga, bicara, canda, curhat, semuanya ditakar, takut nyakitin. Hubungan gua jadi hambar. Lama-lama gua mikir, seolah cuman status yang sebenernya kita pertahanin, bukan hubungan cinta.
            Dia pulang, hampir setahun gua nggak ketemu. Rindu udah jauh ngelewatin everest. Tiap hari gua sempetin bolos kuliah biar bisa jalan sama cewek gua. Seminggu berlalu, dia cerita semuanya, dia nggak bisa nerusin hubungan hambar ini. Curiga, gua serang terus sama pertanyaan-pertanyaan apa ada cowok lain? Ya, dia udah selingkuh, sejak enam bulan yang lalu, sama cowok Indonesia yang juga kuliah disana. Lalu buat apa selama ini gua nunggu dia pulang? Apa buat fakta kalau dia udah nggak cinta lagi sama gua?
            Katanya, butuh waktu buat sanggup bilang ke gua. Kata gua, nggak tahu kapan gua bisa lepas dari sesak ini, karena gua nggak tahu kapan sanggup nglupain dia. Tapi, gua bakal nunggu. Nunggu waktu, keadaan, dan seseorang yang sanggup buat nglupain dia sepenuhnya. Ya, gua bakal menunggu...
            Dia balik ke Belanda, ninggalin gua nemuin cintanya. Gua balik ke rutinitas kampus, sambel warung langganan gua sekarang udah nggak kerasa enak lagi dilidah, es buah kesukaan gua juga udah nggak menggoda lagi. Hujan yang ngebuat suasana jadi romantis, sekarang bikin gua nangis.
            Setahun berlalu gua udah nyoba buka hati buat cewek lain.  Hasilnya nihil. Masih nggak bisa ngelupain mantan.
            Kadang gua mikir, mungkin sebenernya cewek gua selingkuh itu karena gua juga. Gua yang nggak bisa bahagiain dia, dia udah tumbuh jadi dewasa sementara gua masih dipenjara sifat-sifat childish. Mungkin emang gua udah nggak pantas buat dia, dan Tuhan ngirim orang yang tepat buat kebahagiaannya. Mungkin gua harus ikhlas.
            Gua mulai belajar ikhlas, tapi tetep sama, gua nggak juga punya cewek. Bukan karena nggak ada yang mau, tapi karena gua ngerasa nggak pantas. Makin ke sini, gua makin setuju sama pepatah yang bilang “orang baik bakalan dapat orang baik”. Makin gua kenal cewek yang gua suka, makin ngerasa dia terlalu baik buat orang kayak gua. Gua takut dia kecewa, takut nyakitin dia, gua takut jalanin hubungan lagi.
            Sampai suatu hari, gua mulai nggak peduli sama pepatah itu.
            Rabu, 15 September 2010, 14.30. Abis kuliah gua makan di Bara sama temen-temen kayak biasanya. Namanya juga kota hujan, hari itu Bogor hujan kayak biasanya. Abis makan gua cabut duluan. Pas buka payung, ada yang nyolek dari belakang, gua nengok. Cewek berkerudung pink, atasan putih, rok pink, speatu converse pink dengan tali warna warni dan kacamata putih. Hei, ada bidadari yang lagi main ke Bogor. Mata gua sama sekali nggak kedip.
            “Saga, lu mau kemana?”
            Kok dia tau nama gua? Eh, kayaknya gua pernah liat deh cewek ini, tapi kapan ya, siapa ya?
            “Lu mau kemana, Ga?” dia nanya lagi.
            Lamunan gua buyar. “Eh, mau ke kampus.”
            “Boleh nebeng nggak? Gua lupa bawa payung nih, kayaknya payung lu cukup buat berdua.”
            Nggak mungkin gua nolak cewek secantik dia buat sepayung sama gua.
            Gua nggak berhenti ngeliatin wajahnya, sumpah manis banget. Gua juga inget-inget, kapan gua pernah liat, dimana gua ngeliat, dan siapa dia?
            Perjalanan ke kampus rasanya cepet banget, udah sampek kortan aja, padahal gua belum puas buat mandangin wajahnya.
            “Makasih ya….”senyumnya manis banget.
            Gua jalan lagi, tiba-tiba gua inget liburan kemarin, pas gua mau ke rumah nenek di Surabaya. Damn! Apa dia cewek yang duduk samping gua pas dikereta? Gua nengok ke belakang, dia udah nggak ada. Gua coba inget-inget lagi, ya nggak salah lagi. Tapi dulu dia nggak keliatan secantik hari ini, tapi tetep manis. Siapa ya namanya?
            Bersyukur banget hari ini, dia ternyata ikut kepanitiaan yang sama. Rina namanya, anak Semarang. Gua nggak ada rencana ngejar dia, tapi gua pengen aja deket. Beberapa kali ngajak dia bicara walaupun nggak banyak yang diobrolin. Makin kenal, gua makin ngerasa nyaman, walaupun intensitas komunikasi bisa dihitung jari, tapi gua bener-bener ngerasa kalo dia itu cewek yang gua cari selama ini. Gua yakin, dia tempat berlabuh hati gua yang kosong.
            Satu, dua bulan berlalu. Nggak banyak perkembangannya. Gua pasif, dia nggak sensitif. Apa yang gua lakuin kayak ngebentur dinding tebal. Beberapa kali gua pengen nyerah aja buat dapetin perhatiannya, tapi beberapa kali dia malah yang perhatian sama gua. Gua nggak ngerti apa yang dia mau, dia nggak kayak hitungan 1+1 yang udah pasti jawabannya 2, dia susah banget ditebak.
            Kalo ketemu, gua juga bingung gimana mau mulai ngobrol, soalnya kadang dia kayak sengaja nggak lihat kalo gua ada didekatnya. Dia cuek kalo ketemu gua, malah kadang kesannya ngehindar. Dia diam, nggak banyak bicara kalo gua ajak ngobrol. Tapi gua yakin dia punya perasaan sama gua.
            Gua sekarang udah ngerasa bener-bener jatuh cinta sama dia. Akhir November, gua bilang kalo gua suka sama dia. Jawaban yang gua takutin keluar dari mulutnya.
            “Maaf, gua nggak bisa bales perasaan lu. Gua udah ada seseorang.”
            Gua cuman bisa senyum miris sambil bilang, “Iya, nggak apa-apa, gua cuman ngungkapin perasaan gua aja kok.”
            “Maaf ya….”
            “Hemh, lucu ya. Gua selalu telat buat jatuh cinta.”
            Gua pengen marah aja bawaannya hari itu. Kenapa orang lain bisa deketin dia, sementara gua nggak. Gua kalah sebelum bertanding. Nggak adil. Bodohnya, gua nggak pernah nanyain perasaannya ke gua.
            Buat pelarian galau, gua lari ke internet, nyari hal-hal baru. Ada twitter, selama ini gua nggak punya twitter, gua coba buat twitter. Selesai, gua ketik nama dia. Gua baca satu persatu twitnya sampai beberapa bulan yang lalu.
            Nyesek banget bacanya. Feeling gua emang bisa diandalin, dia dari dulu suka sama gua, cuman gua aja yang bodoh. Dia diam karena nunggu, dia cuek karena malu, dia perhatian karena rindu. Dan gua sama sekali nggak tahu hal itu. Sumpah, nyesel banget nggak buat twitter dari dulu-dulu.
            Setelah gua ngungkapin perasaan, dia kayaknya agak lebih perhatian ke gua, itu feeling gua, nggak tau kalo feeling gua salah, atau gua kegeeran. Twitnya beberapa waktu yang lalu, sikapnya yang lebih agak perhatian ke gua, ngebuat gua mutusin buat nunggu. Nunggu dia putus sama cowoknya. Gua nggak doain biar cepet putus, tapi kan kita nggak pernah tahu apa yang bakal terjadi besok.
            Seminggu berlalu, buat gua nanya apa yang gua tunggu? Dia masih sama, satu dua sms dibalas cukup antusias, sms berikutnya mulai kerasa pias, sms selanjutnya nggak pernah dibalas. Ketemu pun kadang dia kayak berusaha ngejauh. Gua iri sama orang-orang yang mudah banget bicara sama dia dengan topik ringan, becanda, ketawa bareng. Sementara gua, mau nyapa aja susah, apalagi mau ngobrol panjang lebar. Gua kayak nggak ada.
            Hal-hal itu buat gua nanya. Apa yang gua tunggu? Nothing or something?
            Biasanya gua bakal nunggu kalo gua punya dasar yang jelas. Nah ini, gua nggak tahu perasaannya saat ini. Kayaknya dia udah bahagia sama cowoknya.
            Orang yang gua tunggu itu seharusnya tau kalo ditunggu, bukan main tarik ulur, lama-lama bisa putus juga. Orang yang gua tunggu, seharusnya bisa ngebuat gua nyaman nunggu, bukan terus-terusan buat gua gelisah nggak tentu. Orang yang gua tunggu seharusnya peduli ama gua, bukan cuek dan ngehindar.
            Gua jatuh cinta kalo gua nyaman. Gua seharusnya jatuh cinta sama orang yang pengen sama gua, kayak gua yang pengen sama dia. Gua seharusnya jatuh cinta sama orang yang minta dibahagiain tapi juga ngebahagiain gua. Gua seharusnya jatuh cinta sama orang yang bilang suka sama gua pas gua juga bilang gitu.
            Gua nggak seharusnya jatuh cinta sama orang yang nyiptain ribuan tanda tanya di hidup gua. Bukankah gua jatuh cinta buat ngurangin masalah, bukan nambahin masalah? Gua nggak seharusnya jatuh cinta sama orang yang udah punya pasangan. Walaupun nggak salah, nggak dosa juga, tapi mungkin nggak sopan.
            Gua sadar, gua bukan siapa-siapa, secara fisikpun nggak ada lebih dimana-mana, sederhana. Sementara dia, cantik, pintar, baik, kehadirannya ditunggu banyak temen, kecantikannya dipuja banyak cowok. Rasanya bedanya langit sama bumi, kayak gua itu punguk, dan dia bulan.
            Sekarang gua balik percaya sama kata pepatah, “orang baik bakalan dapat orang baik”. Ternyata, gua masih belum cukup baik buat jadi sandaran cewek sebaik dia. Gua ikhlas ngelepas dia, mulai hari ini.

1 komentar:

Nhovii Sii Vhidaa mengatakan...

belum saatnya jatuh cinta... :P

Posting Komentar

prev next